Senin, 23 Mei 2011

Hati-Hati dengan StatusMu


Hati-hati dengan statusmu ketika berselancar dan chatting di dunia maya. Karena, kejahatan asusila di dunia maya dapat menimpa siapa saja, teristimewa anak-anak di bawah umur. Demikianlah pesan yang hendak disampaikan film melodrama arahan sutradara David Schwimmer via film Trust.

Dalam film yang berangkat dari skenario aktual garapan Andy Bellin dan Robert Festinger itu, kekuatan dunia maya, terutama dunia chatting dihadirkan bak pisau bermata dua. Satu sisi memudahkan pergaulan, di lain pihak dapat juga menjerumuskan penggunanya. Teristimewa pengguna di bawah umur yang cenderung naif memandang dunia maya. Demikianlah simpulan film Trust yang dibintangi Clive Owen, Catherine Keener, Viola Davis, dan Noah Emmerich bercerita.

Tragedi yang menimpa seorang remaja putri berusia 14 tahun bernama Annie Cameron (Liana Liberato), yang diperkosa teman kencannya yang berusia 20 tahun lebih tua darinya, setelah berkenalan via dunia maya, menjadi pembuka persoalan, bagaimana seharusnya dunia maya disikapi. Dan orang tua, sebagaimana pesan yang tersirat dalam film yang akan didedarkan dalam waktu dekat ini, diharapkan menjadi faktor penting pengontrol bagaimana sepatutnya dunia maya disikapi. Jika dilepaskan fungsi kontrol itu, maka hanya masalah waktu, para penjahat asusila, yang banyak beredar di dunia maya, akan memangsa para remaja.

Demikian, film yang berlokasi syuting di Michigan, termasuk beberapa wikayah di Dexter, Plymouth, dan kampus utama the University of Michigan menarasikan efek negatif dunia maya. Plus kiat bagaimana proses penyembuhan atas trauma pemerkosaan yang terjadi akibat kejahatan yang ditimbulkannya. Kritik memberikan penilaian positif atas film ini.

Rotten Tomatoes misalnya, berdasarkan 30 reviews yang dikumpulkannya, memberikan penilaian, jika film ini menyajikan tema yang sangat aktual, sesuai kondisi kekinian. Dimana, khususnya di AS saja, sudah banyak korban berjatuhan akibat menjadi korban penyalahgunaan chatting di dunia maya. Roger Ebert dari Chicago Sun-Times memberikan penilaian serupa, bahkan memberikan empat bintang, dengan menyanjung puji akting Liberato yang berperan sebagai Annie, sebagai korban pemerkosaan, dan hendak melakukan proses penyembuhan atas tragedi yang menimpanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar